Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Peduli Lingkungan Sehat  Bersihkan Sungai Di Batas

Bentuk rasa kepedulian dan kesadaran kebersihan lingkungan Satgas Pamtas RI – RDTL Sektor Barat Yonarmed 3/105 Tarik dengan penuh ikhlas membersihkan saluran air yang terletak di desa sekitaran Pos Oepoli Sungai.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., melalui rilis tertulisnya di Desa Natemnanu, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Senin (21/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, bahwa pelaksanaan pembersihan ini dilaksanakan guna mencegah penyumbatan air yang disebabkan oleh tumpukan ranting ranting pohon maupun sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut.

“Kebersihan air tergantung dari aliran yang dilewati, hal tersebut dapat mengurangi kejernihan dari air dan dapat menyumbat aliran sehingga menyebabkan banjir,” ucapnya.

“Selain mengantisipasi akan terjadinya banjir, pembersihan aliran ini diharapkan mampu mengoptimalkan dalam mengairi area persawahan dan perkebunan warga,” tambahnya.

Ditambahkan langsung oleh Serma Edy selaku Danpos Oepoli Sungai yang terjun langsung ke lokasi bersama masyarakat setempat, dalam pelaksanaan kegiatan pembersihan saluran ini merupakan bentuk kepedulian serta kesadaran Satgas terhadap lingkungan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengingat wilayah tersebut sudah memasuki musim penghujan.

“Aksi kami ini dilakukan atas gerakan hati serta kepedulian Satgas terhadap lingkungan wilayah binaan, serta mengantisipasi terjadinya penyumbatan air, ” ucap Danpos.

Sementara itu Ibu Susan Kameo (48) selaku warga yang ikut serta dalam pembersihan mengungkapkan bangganya terhadap Satgas Yonarmed 3/105 Tarik karena peduli untuk membersihkan lingkungan sekitarnya.

 

“Terimakasih bapak TNI yang sudah membantu membersihkan saluran air yang ada di desa kami karena kepedulian bapak-bapak sekalian diharapkan mampu menumbuhkan kedekatan antara warga disini, ” imbuhnya.(*red)