Pelatihan Aplikasi (eDMC) dan (eHDW) Di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

 

infolibasmalaka.com | SIGI, SULAWESI TENGAH – Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah gelar pelatihan/bimbingan Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC-19) dan Human Development Worker ( (eHDW) yang di adakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) se Kabupaten.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diikuti oleh 3 orang yaitu Kepala Desa, Operator Siskeudes dan KPM. Pada saat pelatihan, peserta menggunakan sebuah seluler atau HP berbasis android, dan akses kegiatan itu di laksanakan setiap Kecamatan, dan itu jadi pusat pertemuan para perserta pelatihan.

Sebelumnya, pelatihan tersebut pertama kali di laksanakan tertanggal 15 Juni 2020, di Kecamatan Sigi Biromaru, Kantor Desa Sidondo. Kemudian kegiatan itu bergeser ke Kecamatan. Selanjutnya, seperti Kecamatan Kulawi Selatan tepatnya Desa Salutume, kegiatan tersebut digelar tertanggal 25 Juni 2020.

Pelatihan Human Development Worker (eHDW), Aplikasi Desa Melawan Covid-19 (eDMC-19) dibuka langsung Anwar, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Dan dalam sambutanya, ia menyebutkan dua Aplikasi yang sedang dilaksanakan yaitu (eDMC-19) dan (eHDW).

Sementara pada intinya, kedua Aplikasi ini yang pertama adalah memberikan laporan tentang perkembangan atau pergerakan Covid-19 ini pada seluruh Desa. Yang kedua Human Development Worker (eHDW) ini lebih kepada sektor kesehatan ekonomi. Karena disaat didalamnya, desa diminta selalu memberikan informasi tentang terutama bidang kesehatan yaitu Stunting.

Kemudian dari factor ekonomi desa juga diminta dalam Aplikasi eHDW untuk memberikan Informasi harga-harga kebutuhan pokok yang ada di Desa.

“Sehingga, untuk kedepannya kementerian Desa bisa memantau dan mengambil kebijakan apa yang akan dilakukan untuk Desa-desa di Indonesia ini”, terang Anwar.

Selanjutnya, eDMC-19 dan eHDW untuk di Kabupaten Sigi terdiri 176 Desa, sebagian besar sudah dilaksanakan pelatihan, tinggal beberapa Desa lagi yang belum melaksanakan yaitu, diwilayah Kecamatan Dolo Selatan dan Dolo Barat, dan 13 kecamatan lainya sudah melaksanakan pelatihanya.

“Harapan kami dari Dinas PMD ini, seluruh Kepala Desa atau Pemerintah Desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM ) segera memberikan laporan agar Kementrian Desa sudah menerima langsung karena pelaporan ini dilakukan dalam pengaplikasian itu secara Online”, terang Anwar.

Woren Salah satu dari peserta pelaksanaan latihan Aplikasi saat diwawancarai, dan mudah dipahami cara penggunaan Aplikasi tersebut karena dari penjelasaan soal materi cukup detail.

Pengaplikasian secara Online, akan terus dipantau secara berkala, Baik Mingguan, Bulanan atau tiga bulan sekali. Maka Desa akan mendapatkan pengawasan, atau teguran pada Desa yang tidak memberikan laporan sesuai dengan Aplikasi.(F01)