TGC Covid-19 Mabar resmikan Posko Pengawasan Covid-19 Kec.Kuwus

Mabar, infolibasmalaka.com-Helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat, pada hari ini (15/04/2020) mendarat dilapangan Bola Sepak Golowelu, Kecamatan Kuwus.

Helikopter tersebut ditumpangi oleh Tim Gerak Cepat (TGC) penanganan Covid-19 Kab.Manggarai Barat.

Kehadiran Tim tersebut dalam rangka memantau sekaligus meresmikan Posko siaga Covid-19 di pintu masuk Golowelu, Kecamatan Kuwus.

(Foto: pengukuran suhu tubuh/Dok:Olizh)

Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Barat, Dominikus Hawan, menjelaskan, pembentukan Posko tersebut sangat penting sebagai pusat kendali dan komando gugus tugas pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, ungkapnya.

Menurut Domi, selama ini Masyarakat kebanyakakan mengetahui masalah Covid-19 ini dari informasi mulut ke mulut, sehingga keberadaan Posko-posko ini, akan menjadi pusat data dan informasi penanganan Covid-19 untuk dijadikan alat keputusan dan kebijakan, terang Domi.

Posko ini juga, tambahnya, akan menjadi pos edukasi bagi warga pelintas jalan yang hampir seluruhnya belum menggunakan masker sebagai pelindung diri dari penularan Covid-19, imbuhnya.

(Foto:Sekcam Gabriel Bagung sedang menghimbau dan mengedukasi Pengemudi)

Sementara itu, Sekertaris Camat Kuwus, Gabriel Bagung, SE saat ditemui media ini di sela-sela kegiatan, membeberkan data Laporan Harian Posko pengawasan pintu masuk Golowelu, bahwa hingga (14/04/2020), terdata 119 orang pelaku perjalanan yang datang dari luar daerah.

Sekcam Gaby merincikan, para pelaku perjalanan tersebut diberi tindakan medik berupa pengukuran suhu badan dan semuanya tidak ditemukan gejala maupun keluhan sehingga hanya disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Dari data tersebut, dilaporkan sebanyak 21 telah selesai melakukan isolasi mandiri, ungkap Gaby.

 

Laporan: Olizh Jagom