Kunjungan Forkopimda Berjalan Sesuai Protokol Covid-19

Malaka — Kunjungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terdiri dari Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH, Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, SH dan Dandim 1605/ Belu, Letkol Inf Ari Dwi Nugroho ke 12 kecamatan di Kabupaten Malaka murni bertujuan untuk urus masyarakat yang sedang menghadapi persoalan besar pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan kunjungan tersebut berjalan sesuai protokol atau tata cara Covid-19.

Demikian diungkapkan Pemimpin Redaksi Nusantara9.com, John Germanus Seran kepada media ini, Rabu (29/04/2020).

Menurut Seran, yang juga ikut dalam kunjungan pemantauan Covid-19 tersebut, maksud dari kunjungan yang sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan tersebut adalah untuk memantau kesiapan rakyat dan para petugas garda terdepan sekaligus memberikan peneguhan kepada mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Hal tersebut yang selalu diucapkan Bupati, Kapolres dan Dandim ketika bertemu dan menyapa masyarakat yang dijumpai. Dan ini memang merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah, yaitu memberikan peneguhan kepada masyarakat dan memastikan bahwa rakyatnya baik-baik saja serta menyediakan segala sesuatu bagi masyarakatnya ketika berada dalam situasi susah”, ujar Seran.

Seran menambahkan, apa yang dilakukan Forkopimda semata karena termotivasi oleh rasa tanggung jawab untuk mengurus rakyat di daerah ini. Kunjungan tersebut merupakan bentuk keprihatinan dan rasa memiliki dari para pemimpin terhadap rakyat dan daerah ini.

“Kalau toh ada beberapa tokoh masyarakat yang datang untuk bertemu dengan para pemimpin, itu karena ingin menyampaikan kondisi mereka dan apa yang mereka butuhkan dalam menghadapi situasi sulit ini. Apakah seorang pemimpin harus usir rakyatnya yang sedang susah dan datang kepadanya untuk menyampaikan kesusahannya? Apalagi, kita sedang dalam masa sulit dimana seluruh rakyat merasakan dampak dari wabah ini”, ungkap Seran.

Kunjungan pemantauan tersebut juga dimaksudkan untuk memantau kesiapan para petugas di garda depan dalam menghadapi Covid-19. Jadi, pastinya akan bertemu dengan para petugas tersebut untuk mengetahui kesiapannya, sekaligus untuk memberikan peneguhan kepada mereka dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat.

Namun, Seran memastikan, dalam setiap kunjungan tersebut sudah dipatuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. Forkopimda juga selalu menekankan kepada peserta rombongan untuk mematuhi protokol Covid-19 tersebut, seperti menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, termasuk diusahakan untuk menghindari kerumunan dan lekas membubarkan diri.*()